SIGNAL. Kolaborasi duo polisi dari dua dimensi waktu. #KupasDrakor

Anyeoonggg rekan-rekan blogger.

Hayoo siapa yang sudah nonton film drakor SIGNAL? Drama korea ini disajikan dengan genre thriller, crime, dan detective. Saya kalau disuruh milih nonton drakor genre mellodrama atau thriller. Pastinya saya bakal pilih yang thriller dongg. Saya agak tidak sefrekuensi dengan film-film bergenre feminin dan romance. Bisa-bisa ga connect dan ketiduran di pertengahan film, hihihihi.

Sumber: Wikipedia

SIGNAL (2016) merupakan serial televisi ketiga yang dibawakan oleh aktor favorit sayaa Oppa Lee Jee hoon. Serial ini ialah drama yang diluan dia tampilkan sebelum akhirnya dia muncul kembali dengan serial TAXI DRIVER pada tahun 2021 yang berhasil menggebrak angka rating Jagat Viu dan Netflix. 

Ini semua berawal dari sebuah walkie talkie misterius yang ditemukan oleh seorang detektif junior berpangkat Letnan yang juga mencakup seorang profiler kriminal Park Hae Yong (diperankan oleh Lee Jee Hoon) di kepolisian yongsan saat sedang berjalan-jalan malam di area gudang pembuangan barang-barang tak dipakai. Suara walkie talkie yang tiba-tiba hidup berbunyi menuntun letnan park hae yong mengambil pager jadul tersebut. Anehnya pager tersebut memanggil-manggil namanya seolah si penelepon sudah lama mengenal letnan park. Letnan park pun mengangkat panggilan misterius tersebut dan menjawabnya, dengan tanpa pernah ia sadari ternyata itu menuntunnya kepada misteri-misteri puluhan tahun silam yang membeku dan belum terpecahkan.

Panggilan tersebut berasal dari detektif Lee Jae Han. Seorang detektif yang disinyalir hilang mendadak secara misterius setelah terlibat dalam sebuah kasus korupsi 15 tahun silam. Eeeh ternyata kasus nya itu rekayasa guys, sekaliber Lee Jae Han paling anti sama yang namanya KKN (baca: Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Film ini ditayangkan dengan alur maju-mundur. Agaknya kita harus sedikit fokus untuk menyadari apa maksud dari rotasi dan plot yang drama ini sajikan. Tapi itulah keunikan dari drama SIGNAL serta yang membedakannya dari drama-drama detective lain. 

Kasus pertama yang mereka pecahkan ialah kasus kematian si kecil Yoon Jung. Flashback ke belasan tahun lampau.. Kala itu, saat park hae yong masih di sekolah dasar sedang bersiap untuk pulang sekolah di hari yang hujan. Dia melihat temannya yoon jung dijemput olah seorang wanita misterius. Tanpa pernah disadarinya, peristiwa itu berujung malapetaka. Yoon Jung ditemukan tewas setelah sebelumnya penculiknya meminta uang tebusan sebesar 50 Juta won. Seantero korea selatan digegerkan oleh peristiwa itu dan menyangka penculiknya ialah seorang pria. 

Hae yong kecil yang mengetahui fakta tersebut nekad mendatangi kantor polisi dan berusaha keras memberitahu bahwa penculiknya ialah seorang wanita, namun tidak ada yang mendengarnya. Tapi dia berhasil memberi kertas kecil yang berisi catatan sederhana darinya ke tangan detektif Lee Jae Han yang saat itu masih menjadi polisi Junior di Polsek tersebut. Ternyata hal tersebut menjadi awal mula kerja sama Lee Jae Han dan park hae yong yang berujung pada transmisi walkie talkie.

Masih ada sekitar empat kasus misteri pembunuhan lain yang dipecahkan di film ini. Kayaknya sih, wkwkwk rada lupa soalnya berapa. Sampai pada puncaknya kasus pemerkosaan geng di sekolah desa Inju. Inju adalah awal mula segalanya, yang mengawali misteri hilangnya detektif Lee Jae Han dan traumanya letnan Park Hae Yong. Semua ini dipecahkan oleh kolaborasi Tim Kasus Dingin dengan bantuan detektif lee jae han dari masa lampau. 

Sang polisi idaman Lee Jae Han. Sumber: dramabeans.com

Lee Jae Han merupakan sosok polisi idaman khalayak. Dia melayani dengan hati, dia tidak tunduk pada kekuasaan uang. Dia turut terluka, jika masyarakat yang dilayaninya menderita. Dia sosok abdi negara yang sejati, semoga semakin banyak anak manusia yang seperti Lee Jae Han di dunia ini. Pesan moral yang diukirkan lewat peran Lee Jae Han di film ini sungguh luar biasa. 

Drama yang bergenre Time Travel seperti ini agak susah diceritakan via sebuah tulisan blog. Namun bisa dipastikan film ini berhasil membuat kita tetap mengerti alurnya dan memahami betapa pentingnya menemukan pelaku kejahatan setepat dan secepat mungkin demi sebuah keadilan dan negara yang menjunjung hukum.

Polisi korup Kim Bum Joo. Sumber: blognyanuri.blogspot

Disini saya pribadi agak dibikin gemes oleh sosok polisi-polisi yang korup, yang menutup matanya pada kasus kejahatan demi kekuasaan, uang, dan jabatan. Semoga negara kita dijauhkan dari polisi-polisi yang seperti Kim Bum Joo ya guyss!

Baiklah, yang saya kurang sukai dari drama ini ialah bagian akhirnya. Semacam menggantung. Ga enak tshaayy digantung-gantung. Ingatan para tokoh mendadak berubah karena kasus masa lalu berhasil dipecahkan, agak aneh saja menurut saya. Dengan kata lain, film ini mengisyaratkan bahwa masa lalu bisa diubah, walau ada konsekuensi yang menantinya. Mungkin kalian bisa menonton sendiri agar mengerti maksud saya. Tetap worth to watch banget kokk walau endingnya demikian. Yang penting tidak sad ending, bukan? Hihihihi.

Btw, desas-desus bahwa SIGNAL season 2 akan segera digarap sudah mulai beterbangan. Semoga benar yahhh guys. Kata-katanya sih sudah mulai digarap tahun ini hihihihi, kita doain yaa. Seru habis pasti!


Salam Penulis!

Share:

0 comments

Halo silahkan tinggalkan komentarnya ya kak❤ Pastikan kakak menggunakan akun Gmail jika ingin meninggalkan komentar ya kak ❤