Rangkaian Penghalau Jerawat dari SCARLETT; Tetap Kinclong Dengan APD

Penghalau Jerawat SCARLETT - Waktu berlari seperti jarak pendek, cepat namun tak tergesa. Tahun 2022, macan air, pandemi gelombang tiga, dan tentunya, kejatuhanku. Kejatuhan yang disebabkan terkena Covid-19 tiga minggu yang lalu. Tapi tak mengapa. Karena kita memang perlu jatuh, untuk tahu apa itu pengajaran semesta. 
*
Seperti yang kalian tahu kemarin saya membahas tentang Bodycare dari SCARLETT Whitening. Dan sekarang saya sedang akan obrolin Face Carenya ya. 

Selama ini aku itu memiliki wajah yang bertipikal kulit normal. Cenderung jaranggg banget jerawatan, #narsisdikit. Nah namun selama aku terkena Covid-19 yang baru-baru ini, jerawatku kok pada bermunculan yha di wisma atlet. Aku juga jadi bingung banget. 


Padahal kualitas air dan unit kamarku di Wisma Atlet tergolong bersih. Wisma atlet kan terawat banget. Kran shower di kamar mandinya aja ada tersedia air panas dan air dingin. Apa karena faktor pikiran atau memang saya yang tidak cocok dengan cuaca di lingkungan itu, si bandel jerawat malah dateng.

Jadi saat ini saya sudah kembali bertugas sebagai tenaga kesehatan di salah satu tempat di Jakarta. Jakarta raya, dengan sejuta pesonanya. Kota termaju di seantero Indonesia Raya, dengan penduduknya yang super duper aktif. Kota tersibuk se Indonesia Raya, masih jam 6 pagi saja pun, asap knalpot dari ribuan kendaraan sudah melepas landas disini.

Setelah terpapar iklim jakarta yang tidak bersahabat dengan kulit wajah, ditambah lagi sehari-hari saya diwajibkan memakai APD (Alat Pelindung Diri) selama bekerja belasan jam, mungkin tak mengherankan jika jerawat pada masanya memang harus datang. 

Masalahnyaaaa jerawat menyebalkan ini pada bertengger di bagian dahi saya dimana salah satu item APD yang saya kenakan setiap hari ialah headcap. Itu lohh penutup kepala medis yang digunakan untuk melindungi kepala kami. Jadi bener-bener makin terekspose gitu jerawat saya di dahi hiksss. 

Tuh kann banyak bruntusanku yang jadi makin terekspose gara-gara headcap ini huhuhuhu

WHY SCARLETT

Siapa sih yang tidak kenal Scarlett. Brand kecantikan ini didirikan oleh Felicya Angelista dan memfokuskan diri pada produk perawatan tubuh mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Mulai dari Hair Care, Body Care, Face Care, sampai maskernya pun juga diluncurkan oleh Scarlett. 

Tak hanya itu, saya baca-baca juga di website resminya bahwa Scarlett sudah teregistrasi oleh BPOM, teruji bebas Merkuri & Hydroquinon, dan yang tak kalah penting buat aku, Scarlett tidak memproduksi barangnya dengan menggunakan hewan (Not tested on Animal). STOP ANIMAL CRUELTY!

Jujur aku itu orangnya suka dengan hal-hal baru, tapi untuk muka pasti aku tidak akan berani ya kalau hati nurani ini tidak yakin. Awalnya sih karena tertarik dan penasaran oleh iklan Scarlett yang sering wira-wiri di media sosial aku, lalu diri ini pun berlabuh mencoba Scarlett yang seri acne untuk memulihkan jerawat-jerawat bandel ini dan mengembalikan kulit wajahku seperti semula.

Berawal penasaran, jadi ketagihan.

FACE CARE SCARLETT - Acne Series

Rangkaian Penghalau Jerawat dari SCARLETT; Tetap Kinclong Dengan APD
Finally datanggg. Kamu bisa pesan di penjual yang verified yaa, bakalan dianter hingga kemanapun kamu berada. Aku sih taruh alamat di klinik aku saja hahahaha maklum aku lebih sering ada disini dibanding di rumah sendiri :'))


Thadaaaaa yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Aku butuh banget sesuatu yang bisa membuat aku memiliki kepercayaan diri lagi. Jujur tidak enak banget kan kita bertugas saat penampilan tidak oke. Apalagi gara-gara jerawat. Bikin rasa pede kita menurun aja.

Bukan berarti aku mendewakan penampilan yaa, namun profesionalitas awal juga bisa dinilai dari penampilan bukan. Yang penting bersih aja dulu. Kita rawat tubuh kita, terutama bagian tersering yang dilihat orang lain, yaitu wajah. 

Satu rangkaian Face Care dari SCARLETT terdiri dari 5 item: 
  1. Brightening Facial Wash
  2. Essence Toner Acne
  3. Serum-Acne
  4. Acne Cream - Day Cream
  5. Acne Cream - Night Cream

Tak lupa aku langsung mengecek keaslian barang yang kuterima di verify.scarlettwhitening.com dan menginput seri kode unik yang terdapat di bawah barcode yang ada di sebelah stiker berhologram pada kotak product-nya. Semua produk Scarlett yang asli wajib memiliki stiker berhologram seperti ini yaaa.

Rangkaian Penghalau Jerawat dari SCARLETT
Gini nih stiker hologram dan ada barcode kan sebelahan ama dia. Trus kamu lihat seri kode di bawah barcode ini, persis yang ditunjuk anak panah ini ya. Buat mengecek keaslian barang kamu.

 
Oh iya, Face Care SCARLETT aman digunakan mulai usia 13 tahun ke atas dan juga aman untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui, tapi dianjurkan untuk memakai SCARLETT setelah melewati trimester kedua yaa. Dan aku juga lebih menyarankan sih segala-gala yang berhubungan saat hamil itu haruslah dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungannya masing-masing. Jangan sampai kamu kelupaan ya, bahwa kesehatan ibu dan kandungan selalu nomor satu.

Baik, kita bahas satu-satu menurut yang saya rasakan sendiri ya. Saya akan bahas sesuai dengan step-step dari langkah dasar perawatan wajah. 

1. Mencuci Muka


Seperti biasa, setelah kamu membersihkan sisa makeup dan sisa skincare sebelumnya dengan cleansing oil ataupun cleansing milk milik kamu, kamu bisa segera membasuh dan mencuci muka dengan menggunakan Brightening Facial Wash dari SCARLETT. 

Jadi aku pertama kali melihat wujud facial wash scarlett ini sebenernya pas teman sekamarku di Wisma Atlet menggunakannya. Kesan pertama pas ngelihat aku tuh langsung sukaaa karena cakepp dia dan botolnya bening transparan classy gituu ❤❤ Aku langsung kepo ke temen itu dimana dia belinya.


Dan sekarang, benda itu sudah kugenggam sendiri, bahkan sudah kupakai. Hal lain juga yang membuat aku berani memakai facial wash ini, karena ia bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Mau itu kulit wajah normal berminyak, kering, jerawatan, sampai kulit sensitif pun bisa menggunakan facial wash ini. 

Texture and Style [Honest Review]

  • Aku suka bentuk body dari tabungnya. Ramping, ringan, padahal volume nya banyak. Kuakui aku tidak segan memakai agak lebih banyak hihihihi. Habis banyak sih isinya. Dan wajah aku jadi segar banget pasca pemakaian

  • Jujur saat membilasnya dengan air, kulit wajah tidak kesat. Tetap halus dia. Saya lebih suka tipikal sabun wajah yang seperti ini. Saya bakal beli lagi dan stock di rumah deh kalau sudah mau habis.

  • Busa yang dihasilkan tidak begitu banyak menurutku, tapi untuk khasiatnya yang merelaksasi wajah, aku acungkan jempol lah.

  • Aroma sabunnya wangiii ❤ dan ada something warna pink gitu ngambang-ngambang di botol. Itu apaan yah kira-kira, mirip bunga gitu hihihihi bikin penampakan facial washnya makin unik.

Hasilnya dari facial wash ini tuh yaa, kulit aku jadi segar kembali. Setelah kelar belasan jam nanganin puluhan swab antigen di balik double masker dan APD lainnya, betapa melegakannya facial wash ini. Segar, dingin, dan menenangkan. Bikin mood level up kembali.


2. Memakai Toner

Setelah mencuci wajah, langkah selanjutnya ialah mengaplikasikan Acne Essence Toner ke wajah. Pastikan tangan dalam keadaan bersih, usapkan kapas bersih yang telah diteteskan tonernya secara perlahan ke seluruh wajah. Tepuk-tepuk ringan pada wajah untuk memastikan toner semakin meresap.

Texture and Style [Honest Review]

  • Saya sukaa dengan kemasan botol tonernya. Terkesan classy dan mewah macem toner-toner dari luar negeri. Dengan model pemakaian seperti spray, bisa membuat penggunaannya lebih praktis dan gampang.

  • Jujur pas awal pemakaian toner ini, kulit saya terasa perih dan agak panas. Saya bingung kenapa. Apa tidak cocok apa gimana. Tapi karena udah terlanjur beli, yauwes deh tetep keesokan harinya saya coba lagi. 
Eeeh taunya sudah berkurang perihnya menjadi hanya di sekitar mulut saya saja yang perih. Lalu keesokannya lagi coba lagi.. sudah tidak perih lagi. Saya kurang tahu menahu sih ya tapi saya baca di blog lain juga ada kejadian serupa saat memakai toner acne ini.

  • Di bawah botol acne terdapat boba-boba kecil sebagai ekstrak ginko yang senantiasa membikin tonernya jadi makin powerful dan makin cute juga yaa kalo menurut aku.

  • Aku suka sama wangi tonernya, wanginya kayak campuran buah-buahan gitu. Enak wanginya. tidak nyengat bau yang pekat gitu walaupun dia Toner Acne

Hasilnya, kulit wajah aku semakin lembut dan terhidrasi.  Kemerahan yang diakibatkan oleh beruntusan-beruntusanku juga semakin pudar. Aku merasa aja sih dia tidak yang ngebikin kulit kering gitu walau toner acne. Walau pas pemakaian awal kuakui dia rada perih gitu tapi maybe karena reaksi kandungannya ke kulit aku kali ya. Tapi setelah pemakaian yang ketiga sudah tidak perih lagi kok di wajahku.

Tapi kamu jangan lupa pantau terus ya, kalau masih saja perih dan bahkan malah makin panas, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan ke dokter kamu.

3. Mengaplikasikan Serum


Teteskan 2-3 tetes Acne Serum SCARLETT kemudian usap dan pijat secara perlahan ke seluruh regio wajah dengan lembut. Pijatan diperlukann agar serumnya benar meresap ke bagian bawah kulit wajah. 

Texture and Style [Honest Review]

  • Untuk Serumnya dia tidak hanya dilindungi oleh kotak luarnya saja. Jadi dia ada pengunci lagi di dalamnya yang terbuat dari plastik. Membuat serumnya tidak gampang terguncang jika sedang dalam pengiriman. Ini akan melindungi botol serumnya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Tekstur serumnya menurut aku baik sekali ya, teksturnya ringan dan cukup cair sehingga cepat meresap ke kulit dengan cepat. 

Rangkaian Penghalau Jerawat dari SCARLETT
Saya teteskan dua tetes saja langsung jatuh mengalir sekaligus menyerap ya cairan serumnya. Betapa ringan dan cairnya. 

  • Saya cukup sering waswas memakai serum dari luaran selama ini apalagi serum yang buat acne tidak sebanyak serum for whitening skin kan. Dari yang biasanya saya pakai tipis-tipis saja ini saya berani pakai tanpa takut soalnya ada keterangan untuk kulit Acne nya. 

Hasilnya..jujur. saya merasa kadar minyak di wajah saya lebih terkontrol. Terutama di bagian dahi yang terekspose karena tidak memakai masker plus harus memakai headcap. Saya juga ngerasa kotoran di pori-pori kulit saya lebih terangkat dan gampang dibersihkan saat cuci muka berikutnya.

4. Menggunakan Face Cream 


Yang perlu kita ketahui, kamu tidak bisa hanya menggunakan serum jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Kita memerlukan krim wajah untuk membuat kulit wajah menjadi semakin indah dan bercahaya.



Jadi untuk face creamnya sendiri pada SCARLETT seri Acne terdapat dua jenis. Yang untuk dipakai pagi hari (Day Cream) dan untuk dipakai malam hari (Night Cream). 


Setelah selesai tahap pengaplikasian serum, pada wajah yang bersih dan kering saya mulai mengusap face creamnya. Memijatnya lembut sampai merata ke seluruh wajah.

Texture and Style [Honest Review]


  • Pada packagingnya, dia juga seperti serum ya di dalam kotaknya ada penguncinya gitu yang terbuat dari plastik. Membuat produknya lebih aman sepanjang perjalanan menuju kediaman kita. 

  • Teksturnya menurut aku overal baik ya, cuma pada day creamnya agak sedikit lebih kental aja sih untuk sejenis krim wajah. Tapi dia no white cast ya jadi tetap oke aja saat pengaplikasiannya. Apalagii aku sudah tahu ini memang diformulasikan buat Acne skin. Lebih lega aja.

  • Bentuknya kecil mungil dan ringan, gampang dimasukin ke dalam tas pas mau bertempur jaga malam. Hehehehehe. Tidak makan tempat dan tidak berat.

Hasilnya..jujur dia membantu menenangkan jerawat di kulit aku. Dia benar-benar merawat kulit wajah aku banget secara menyeluruh. Aku suka memakai krim yang memang diformulasikan khusus untuk Acne seperti ini jika aku memang sedang jerawatan. Jadi biar aman dan tidak malah menimbulkan radang jerawat yang lebih parah. 


**


Saya pribadi suka sekali dengan rangkaian Face Care SCARLETT khususnya Acne Series. Walaupun kulit saya jarang banget jerawatan, tapi tetap saja produk kulit berjerawat wajib aku miliki sebagai kaum hawa. Antisipasi kalau jerawat lagi dateng, perlu banget deh aku siap siaga dengan para bodyguard seperti Face Care SCARLETT Acne Series ini. Biar selalu kece dengan tampilan wajah yang tetep bersih, sebagai tenaga medis yang memakai APD untuk melayani masyarakat. 

Kulit setiap manusia, terdesain berbeda satu sama lain. Yang cocok di aku juga belum tentu cocok di kalian. Kita harus pakai dulu, coba dulu, baru deh ketahuan cocok apa enggak. Tapi untuk mencoba-cobanya pun pleaseee at least jangan dicobain merek abal-abal yang tidak kredibel. Apalagi belum terdaftar di BPOM. Harus aware ya dengan yang begituan.

Doain yaa semoga muka ku tetap kinclong biar tetap pede pakai APD nya selama bertugas. Tentunya kulit wajah yang sehat juga diperlukan, kali aja pasien yang melihat jadi langsung ikut sehat #lah #ganyambung #apaansih wkwkwk. 

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para pembaca yang menyaksikan artikel review perangkat tempur melawan jerawatku ini dari awal sampai akhir. Sampai jumpa di lain artikel yaaa. Anyeonggg!




13 comments

  1. Wih. Kalau untuk produk ini cocok untuk semua gender gak ya ka? Apakah ada efek samping nya gitu? Terus kan kadang ada juga serum lain. Kalau kita tidak rutin dan terus memakainya kita tidak mendapatkan hal yang maksimal. Apakah ini juga ketergantungan seperti itu ka?

    BalasHapus
  2. Untuk menghalau jerawat tricky sekali ya, butuh banyak banget produk untuk melakukannya. apalah daya saya yang suka lari out door tapi baru bisa cuci muka setelah berolah raga. :-(

    BalasHapus
  3. ternyata rangkaian nya memang lumayan banyak ya mbak. Sepertinya bisa cocok dengan banyak jenis kulit, aku termasuk ngga ya?

    BalasHapus
  4. Banyak yang cocok pakek skincare Scarlett, sayangnya saya belum pernah coba nih. Pengen juga deh

    BalasHapus
  5. Ini salah satu referensi perawatan wajah juga nih utk saya yg bekerja outdoor & suka berpetualangan.. hehee.. trims artikel yg bermanfaat ini.. smoga blog nya semakin berkembang yaa

    BalasHapus
  6. Wah aku juga udah pernah pake scarlett yang acne. Enak sih cuma aku belum coba produk barunya yang toner nih! Semoga next dapet kesempatan buat coba hehe, Aamiin

    BalasHapus
  7. Kayanya banyak yang cocok ya kak pake scarlett kalo diliat dr circle ku banyak juga yg rekomendasiin. Aku belom pernah pake sih kalau untuk yang face care nya, bisa jadi rekomendasiku untuk kedepannya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  8. Produk scarlet ini emang bagus kok mbak. Aku pernah pake tester pelembabnya. Rasanya enak dan enggak lengket. Bisa masuk wishlist nih kalau cari cream jerawat. 😉

    BalasHapus
  9. Memang bagus produk Scarlett ini, rangkaian perawatan untuk mengatasi masalah jerawat memang terbukti ampuh.

    BalasHapus
  10. Saya laki-laki tau apa tentang serum,skincare, dll. Yang terpenting bagi saya, selagi masih bisa merawat diri,kenapa enggak dicobain semua hehe..

    BalasHapus
  11. Dari rangkaian ini, aq baru pake pencuci wajah, dan serumnya. Sukaa bangedd ama serumnya, jerawat jadi cepet kempes 😍

    BalasHapus
  12. Dokter Dewi abis kena Covid-19 langsung perawatan ya. Untung udah ada face care dari Scarlett yang aman untuk muka.

    Kalo aku abis +Covid19 malah kena long covid :(

    BalasHapus
  13. Makasih dokter sharingnya. Jadi pngen kasi liat istri, dia mau gk ya hee

    BalasHapus

Halo silahkan tinggalkan komentarnya ya kak❤ Pastikan kakak menggunakan akun Gmail jika ingin meninggalkan komentar ya kak ❤