5 Rekomendasi LOZENGES Penangkal Radang Tenggorokan yang Hadir di Sekitar Kamu

Kamu adalah orang yang langganan radang tenggorokan? Punya sinusitis atau rhinitis maka kelanjutannya menjadi sering radang tenggorokan? Kalau iya, maka kamu mungkin sedang berada di halaman yang tepat.


Jadi Tonsilofaringitis (baca: nama medis radang tenggorokan) merupakan suatu infeksi yang terjadi pada tonsil maupun faring. Ini yang biasa kita sebut sebagai "aku lagi kena radang tenggorokan nihh". 

Penyakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun bisa juga disebabkan noninfeksi, misalnya terlalu banyak makan-makanan pedas yang level pedasnya aduhai, maupun makanan minuman manis yang berlebihan.  

Jadi saya ingin merekomendasikan si imut menggemaskan yang cocok banget jadi pertahanan pertama buat radang tenggorokan. Selain itu, ia bisa kamu dapatkan disekitar kamu juga tanpa resep dokter. Yup. Dia bernama Lozenges!

Lozenges merupakan permen hisap yang kandungannya memang agen aktif yang didesain untuk melegakan tenggorokan, dan sudah diteliti oleh mereka yang berwenang sehingga dapat kita percayai. Dia tak hanya hadir dia apotek saja, dia juga ada di supermarket-supermarket populer di dekat rumah kita. Gampang banget dijangkau.

Tentu saja mengonsumsi antibiotik sembarangan tanpa resep dokter tidak boleh menjadi pilihan kamu kala sedang radang tenggorokan. Selain menimbulkan resistensi obat, kita tidak tahu efek samping lanjutannya di tubuh kamu jika kamu semena-mena mengonsumsi obat sekeras antibiotik. Jangan minum antibiotik tanpa konsultasi dengan dokter yaa. Makanya yuk mengenal lozenges.

Saya cerita sedikit. Saya itu sejak duduk di sekolah menengah pertama (SMP) sudah langganan banget radang tenggorokan. Dan saya juga genetically ialah seorang dengan atopi tinggi ya. Saya sendiri memiliki manifestasi alergi yang lain, yaitu rhinitis alergi dan asthmatic cough. Rada banyak ya penyakit saya ini hihihihi. Jika rhinitis alergi saya itu sedang eksaserbasi, pasti si radang tenggorokan akan segera muncul mengganggu hidup. 

Mau bicara aja susah, nelan ludah pun sakit. Apalagi makan. Ya kan? Hehehehe. Dan setelah radang tenggorokan beberapa hari, saya akan disusul oleh Asthmatic Cough (Batuk Asma). Sejenis batuk alergi, batuk kering yang terasa gatel namun tidak berdahak. Memberat saat malam hari. Ribet deh pokoknya kalau udah radang tenggorokan ini. 

Karena itu, saya ingin para pembaca mengetahui suatu remedi yang bisa dikonsumsi sebagai pertahanan pertama terhadap radang tenggorokan. Berikut saya rangkum tablet hisap lozenges yang bisa kita temukan di minimarket sekitar kita. 

1. Strepsils

Kemarin di superindo yang available cuma empat rasa ini. Jadilah ini doang yang masuk ke Blog hihihihi. Sebenarnya dia ada juga yang warna hijau ya guys. Yang rasa lemon. (Dokumentasi Pribadi)

Siapa yang tidak tahu si kecil imut yang bungkusnya terdiri dari banyak jenis warna dan rasa ini. Bagi saya pribadi, saya paling sering mengonsumsi merek lozenges yang satu ini. Bahkan biasanya strepsils ini sudah saya stock di rumah. Kalau tenggorokan udah mulai berasa tidak enak, bisa langsung dihisap ya sobat. Terdapat aturan pakai dari strepsils di tiap kemasannya. Harap dipatuhi sesuai aturan.

Strepsils terdiri dari berbagai macam rasa: Original, menthol, jeruk, lemon, dan juga rasa campuran dari lemon dan madu. Dari antara 5 varian rasa strepsils, saya pernah mencoba yang rasa original (bungkus merah) dan yang rasa menthol (bungkus biru). Rasanya enak dan saat dihisap sungguh melegakan. 

Tampak belakang sachet Strepsils. Terdapat komposisi dan aturan pemakaian. (Dokumentasi Pribadi)

Dengan kandungan double active agents amylmetacresol dan dybenal nya ia membasmi kuman penyebab radang tenggorokan dan menyejukkan tenggorokan. 

Ia hadir di waralaba terpopuler seantero negeri yang tak lain tak bukan ialah Indomaret dan Alfamart. Juga di hipermarket besar lainnya seperti superindo, carrefour, giant, dll. 

Harga: 16.000-an s/d 19.000-an


2. WOODS' Peppermint Lozenges

(Dokumentasi Pribadi)

Nah merek yang satu ini sudah khatam ya kita temui di jejeran rak obat batuk dan flu di apotek-apotek. Iya betul, Woods' juga sudah meluncurkan product lozengesnya. Sama seperti strepsils, ia terdiri dari cukup banyak varian rasa. Yaitu original, cherry, lemon madu, mint, lemon, jeruk dan juga blackcurrant. Setiap bungkusnya yang terbuat dari aluminium foil berisi 6 tablet hisap. 

Dengan menggunakan bahan aktif daun mint dan menthol, ia bisa melegakan tenggorokan kamu dan juga mendinginkannya. Pilihan yang sederhana namun mujarab sebagai pertahanan pertama melindungi tenggorokan yang mulai tidak enak rasa. 

Ingat untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan. Aturan pakainya juga tertera pada kemasan sachetnya.

Harga: Rp. 5.000-an s/d Rp.8.000-an


3. BETADINE Lozenges

(Dokumentasi Pribadi)

Ini sih surprise banget pas aku tak sengaja melihatnya. Kita tahu sendiri betadine udah legendaris di bidang per-antiseptik-an. Ternyata dia semakin berkembang dengan meluncurkan produk Lozenges nya. Saya pribadi belum sempat mencobanya sih karena stock strepsils saya masih banyak. 

Dia masih memiliki satu varian rasa saja dengan kotak yang bercorak hijau pualam. Kemasan yang elegan, membuat kita jadi penasaran seelegan apa sih efeknya nanti. Hihihihi.


(Dokumentasi Pribadi)

Dengan kandungan antiseptik aktif yang tak begitu berbeda dari strepsils. Dia juga dapat membantu kamu melegakan dan menjadi tameng buat pertahanan tenggorokan kamu yang sedang goyah. Harap dikonsumsi sesuai aturan pakai yang tertera di kotak kemasan ya. 1 tablet dalam 2-3 jam. Jangan menghisap lebih dari 12 tablet dalam satu hari. 

Komposisi: Amylmetacresol, Dybenal, Levomenthol, Sucrose, Liquid, Glucose, Anhydrous Citric Acid, Eucalyptus Oil, Colour Indigo Carmine, Colour Brilliant Blue, Purified Water. 

Harga : Rp.18.000-an s/d Rp.21.000-an

4. Imboost Lozenges

Kita tau, Imboost adalah pemasok suplemen imunitas yang banyak dielu-elukan semenjak jaman pandemi ini. Kandungan echinacea purpurea nya bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita secara alami dan benar-benar dapat diandalkan menangkis serangan patogen dari luar. Dia juga hadir kembali dalam wujud lozenges, dengan kandungan jahe merah dan echinacea purpurea nya yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melegakan tenggorokan. Jadi semakin lega nih mendengarnya. Betapa banyaknya lozenges yang bisa jadi pilihan kita. 

Imboost tersedia dalam 3 varian rasa. Yaitu Cherry mint, Apple mint, dan Jahe mint. Sachetnya terbuat dari aluminium foil dengan isi 6 tablet hisap. Saya pertama kali melihat Imboost Lozenges ini saat lagi jajan ke Family Mart yang ada di apartemen saya. Kemasannya warna warni cerah. Menarik siapa saja yang melihatnya.


5.  TOLAK ANGIN Lozenges


Tolak Angin Lozenges. (Dokumentasi Pribadi)

Saya sedikit amazed saat melihat ini di sebuah hipermarket di apartemen saya. Harganya termasuk murahh banget. Dan mereknya itu lohh legendaris banget kan secara tolak angin dari sidomuncul. Hihihihi. 

Nah kalau Tolak Angin ini kita lihat dari komposisinya, dia mungkin tidak memiliki kandungan agen aktif untuk antiseptik seperti strepsils dan betadine ya. Dia menggunakan kedahsyatan alami rempah-rempahan untuk melindungi tenggorokan kita. 


Tampak Belakang Sachet Tolak Angin Lozenges. (Dokumentasi Pribadi)

Komposisi: Ekstrak jahe, Kapulaga, Daun cengkeh, Buah cadas, Madu. 

Cocok juga kamu hisap sepanjang perjalanan kamu di cuaca yang mungkin kurang bersahabat ya, untuk melindungi kekuatan jaringan yang membentuk tenggorokan kamu. 

Harga: Rp. 2000-an s/d Rp. 4.000-an


Konidin Lozenges dan OB Herbal Lozenges. (Dokumentasi Pribadi)

Banyak juga yang serupa tolak angin ini yang kandungannya juga herbal. Permen OB Herbal Lozenges, Konidin Lozenges juga bisa kamu dapatkan jika ada di supermarket terdekat kamu kok. Intinya, mereka semua adalah permen hisap yang sudah direkomendasikan BPOM untuk kamu pakai secara bebas kala tenggorokan sudah mulai meradang. Kelebihannya selain hadirnya yang gampang dijangkau, mereka juga tidak membutuhkan resep dokter. That's it, Lozenges.


WARNING!

Hindari pemakaian berlebih dari permen Lozenges. Segala yang berlebih tidak pernah baik. Bisa terjadi iritasi pada lidah yang lebih lanjut bisa menyebabkan perih, kebas, perubahan rasa pengecapan maupun nyeri hebat. 

Baiklah, di atas berikut adalah hal yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu pembaca terutama para pembaca pelanggan radang tenggorokan. 

Terima Kasih. 

19 comments

  1. Aku baru tau brand yang Betadine ternyata punya juga ya.
    Di kondisisaat ini yang kadang suka muncul sakit tenggorokan mendadak, perlu juga nyimpen ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii mba Ainunn. Iya nih mbaaa aku juga terkejutt pas lagi jalan-jalan ke superindo eeeeh nemu betadine lozenges. Hihihihi. Tapi kayaknya di indomaret/alfa belum masuk betadine lozengesnya maybe soon mereka bakal pasok juga kesana yah mba hopefullyyy.

      Benerr mbak perlu banget stock lozenges. Kalau agak tidak enak tenggorokan bisa langsung dihisap. melegakan dan menyejukkan. Hihihi setujuuu sama mbak ❤ stay healthy ya mbaa ❤❤

      Hapus
  2. Makasih sharingnya mbak. Saya blm pernah coba brand2 di atas sih, tpi familier krn sering mncul di iklan. Alhamdulillah, tdk trmasuk orang yg sering radang tenggorokan juga, dan semoga ttp sehat ke depannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur bangettt masss ga sering radanggg. Boleh direkomendasikan ke temen2 or keluarga ya masss perihal lozenges dan artikel ini mwikikikikikik. Salam kenal massss

      Hapus
  3. Wah..bermanfaat sekali infonya kak. Kebetulan dulu pas sekolah juga sering banget kena radang tenggorokan karena sering jajan sembarangan, berminyak sekaligus pedas, padahal di rumah ibu lebih sering buat masakan sehat yang meminimalkan penggunaan minyak dan cabe. Alhasil sering dimarahin deh udah gitu ngga mau kalau suruh minum obat antibiotik gituan wkwk. Jadi, kalau akhirnya cuma buat minuman rempah herbal gitu kalau ngga konsumsi strepsils. Baru tau kalau betadine ada yg kek permen gitu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahhahaha saya jg langganan radang dari jaman sekolah kaak huaaaa sama kita yaaaa. Iya jangan minum Antibiotik tanpa resep dokter ya kaaaak. Strepsils yang lebih baik kakk kalau mau konsumsi bebas.

      Iya nihh uda ada yg betadine. Saya jg belum pernah nyoba yg betadine hihihihi. Di Superindo saya lihatnya kakk. kayaknya belum semenjamur strepsils yang udah ready di Indomaret

      Hapus
  4. sangat bermanfaat bagi saya, ternyata banyak juga rekomendasi penangkal radang.
    sukses selalu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak dedekkkk. Sukses selalu buat bapak yaaaa. Salam sehat buat kitaaa.

      Hapus
  5. Terimakasih bu dokter, atas rekomendasi obat pereda radang tenggorokan yang sangat mudah sekali kita temui disekitar kita. Dulu kukira itu permen ternyata juga bisa meredakan radang tenggorokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mass sama-sama yaaaa. Yuk lebih aware lagi sama kesehatan kita. Salam kenal mas.

      Hapus
  6. Aku kalau baca-baca konten terkait kesehatan ini senang banget, ada aja hal-hal kecil yang sering dianggap sepele tapi sangat penting untuk tubuh, apalagi radang tenggorokan, karena cuaca di tempat ku saat ini sedang musim kemarau jadi penting banget bawa bekal seperti yang sudah direkomendasikan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener massss. Musim kemarauu harus dijaga terus kelembaban dari region tonsilofaring kita. Mulai dari sering minum air putih biasa (ga harus hangat ga dingin, air suhu ruang biasa saja yang bagus), sampai nyetok lozenges kalau uda mulai berasa ga enakan hahahahaaa

      Hapus
  7. Sy termasuk yang sering terkena radang tenggorokan. Bak. Tulisannya cukup baik. Saya jadi tahu obat agar tidak muda kena radang tenggorakan.

    Maklum, saya juga termasuk penyuka rujak buah yang pedas2 dan minuman kopi, dan lain2 yang manis2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama banget kita mass. Para customer radang tenggorokan, yuk nyetok lozenges mwikikikikikiii

      Hapus
  8. Bisa banget dicoba buat yang sakit tenggorokan. Murah dan pastinya gampang banget ditemukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kakk bener.. ready di Indomaret Alfamaret ayo dipileh dipileeeeh~~ wahahahhahahahahaa

      Hapus
  9. Aku kdh masih keseleo lidah cara baca lozenges ini mba , 😄...

    Btw, seumur2 radang tenggorokan paling parah yg bikin sampe nangis, itu pas aku sedang traveling ke Kamboja. Untung kenanya di hari trakhir. Udah mulai demam, trus pas transit di KL, mulai deh cari lozenges utk ngeredain sakitnya. Tapi yg ada makin nyeri utk nelan ludah sekalipun. Sampe JKT, yg ada LGS ke RS THT proklamasi saking ga kuatnya. Diomelin deh Ama si dokter 🤣. Kecapean, panas yg menyengat di Kamboja dan mungkin makanan minuman yg dingin2 yg aku coba di sana. Abis minum obat si dokter, baru deh enakan 😄..

    Aku msh konsumsi permen begini, tapi memang hanya kalau tenggorokan ga terlalu enak. Kalo udah telanjur sakit, mending dokter aja yg LBH expert 😄..

    Tapi penasaran mba Ama yg Betadine punya. Blm rasain yg itu ..

    BalasHapus
  10. Waktu kecil saya langganan radang tenggorokan juga, karena ada keturunan alergi dari papa. Untungnya semakin dewasa efek alerginya berkurang. Tapi kl badan lagi frop, pasti mulai kerasa gak enak di tenggorokan.

    Sekarang minum antibiotik kl udah parah banget, lebih sering mencegah dengan kumur2 air garam dan hisap lozenges. Woods dan tolak angin ini favorit sih. Apalagi tolak angin, karena bisa buat masuk angin juga.

    Mikir2 utk coba Betadine, krn brandnya udh melekat dengan obat luka... kok kebayang rasanya bakalan pajit aneh gitu hahahha

    BalasHapus
  11. Kadang sebagian orang memilih obat racikan apoteker dari pada obat seperti yang disebutkan kakak di atas. Pertanyannya adalah, apakah sering mengkonsumsi obat-obatan bisa menimbulkan gangguan fungsi ginjal? Kemarin tetangga ada yang divonis gagal ginjal akibat sering minum obat-obatan racikan apotek.

    BalasHapus

Halo silahkan tinggalkan komentarnya ya kak❤ Pastikan kakak menggunakan akun Gmail jika ingin meninggalkan komentar ya kak ❤